Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simaan Al Quran awali Yaumul Ijtima Ranting NU Sidaharja


Sidaharja, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican melaksanakan kegiatan rutin pengajian Yaumul Ijtima' (minggu, 07/08) Antusiasme dan semangat warga Nahdhiyyin pun tak surut untuk menghadiri kegiatan rutin ini musti masa panen raya sedang berlangsung. 
Pengajian Yaumul Ijtima’ diikuti oleh seluruh pengurus Ranting NU Sidaharja , Banom-banom NU, dan Masyarakat pada umumnya. Gus Arsyad Ketua Satkoryon Banser NU Pamarican pun turut hadir pada acara ini. 
Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari Ahad Kliwon (Minggu kliwon) diawali dengan kegiatan sema'an Al-Qur'an oleh para hafidz dan hafidzah Al-Qur'an yang tergabung dalam banom Jam'iyyatul Qurro wal Huffadz.  Usai kegiatan sema'an Al-Qur'an acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tawasdul dan  tahlil bersama kemudian  sambutan-sambutan  dan diakhiri tausyiah agama.
Dalam sambutannya ketua tanfidziyah ranting NU Sidaharja, Ustadz Aris Muhammad Haris menyampaikan bahwa kita memiliki tanggungan bersama untuk membantu para hafidz/dzah dalam memelihara dan menjaga hafalannya. Desa Sidaharja memiliki banyak para penghafal Al-Qur'an yang tidak dimiliki oleh desa-desa lain di Kecamatan Pamarican. Berdasarkan data yang kami himpun ada sekitar 25 orang lebih warga Sidaharja yang sudah berhasil menghafal Al-Qur'an 30 Juz, ini bisa jadi yang terbanyak se-kecamatan Pamarican atau bahkan se-Kabupaten Ciamis.
Untuk itu kegiatan sema'an Al-Qur'an ini perlu terus digalakkan dalam upaya membantu mereka memelihara dan menjaga hafalannya. 
Disamping itu, kita juga perlu memikirkan generasi para hafidz/dah di masa mendatang agar potensi ini bisa terus terjaga dan muncul generasi para penghafal baru dari putra-putri kita yang tentunya  akan menjadi penerus hafidz-hafidzah yang sudah ada, maka tentunya perlu dirancang program pemberdayaan para hafidz/dzah.
"Kami sedang berupaya mengusulkan Program pemberdayaan Satu RT Satu Hafidz  ke pemerintah desa agar disetiap RT muncul generasi para Hafidz". Pungkasnya.
Semoga program ini bisa tetlaksana. Amiin (Abah Dhiya)

Posting Komentar untuk "Simaan Al Quran awali Yaumul Ijtima Ranting NU Sidaharja"